MERDEKA???

16 Agustus 2016 20:22

TEPAT tanggal 17 Agustus 2016, negara yang kita cintai ini telah berusia 71 tahun pasca kemerdekaan Republik Indonesia. Berbagai macam kegiatan dan perlombaan yang sering kita jumpai disetiap sudut kota ini, salah satunya adalah memperindah lorong demi lorong dengan berbagai varian cat yang membuat lorong tersebut indah kelihataanya.

Namun, kita tidak bisa memaknai hari kemerdekaan republik kita ini dengan hanya seremonial perlombaan, harusnya ada tingkatan evaluasi baik dari segi perekonomian, sosial, politik dan budaya. Kemerdekaan yang kita maksud bukan hanya kita bebas dari penjajahan jepang belanda, namun kita harus melihat kemerdekaan itu jauh lebih luas dari berbagai sudut pandang yang berbeda.

Merdeka???
Ya mungkin setiap tanggal 17 Agustus kita selalu berfikiran bahwa kita merdeka sejak 17 agustus 1945.Tapi kita harus melihat dari sudut pandang ekonomi,sosial,politik dan budaya apakah kita sudah merdeka???.

Contoh yang sangat besar Melihat banyaknya warga asing yang mencari pekerjaan di indonesia yang kita kenal MEA,yang membuat warga indonesia sangat jauh tertinggal dalam hal mencari pekerjaan dikarenakan daya saing yang sangat tinggi.Apakah hal ini disebut merdeka???

Tepat tanggal 16 Agustus 2016 pula,presiden yang kita cintai memberikan kado terindah buat rakyat indonesia.Dikarenakan,menteri ESDM,yang hanya berselang bulan menjabat menteri,resmi dicopot karena memiliki kewarganegaraan asing.Apakah ini yang dikatakan Merdeka???

Semoga momentum kemerdekaan ini,menjadi bahan untuk kita semua,agar kiranya baik pemerintah pusat,daerah dan msyarakat bisa melakukan evaluasi terus menerus disemua bidang ekonomi, sosial, politik dan budaya dikarenakan agar bangsa yang kita cintai ini tidak dijajah dalam bentuk yang apapun itu..
Merdeka..merdeka..merdekaa

Adil Sulkifli
Mahasiswa UNM Fakultas Teknik