Kakek Usia 60 Tahun Menetap di Pemukiman Menyerupai “Kandang Kambing”

20 Desember 2016 18:03
Hamid yang tinggal menyerupai kandang kambing

GOWA, INIKATA.com – Sungguh pilu nasib seorang kakek rentang berusia 60 tahun, Hamid Deng Bali. Ia terpaksa tinggal sendiri dibalik rumah menyerupai “kandang kambing” hanya beralaskan seng di Jalan Kamboja, Kelurahan Batangkaluku, kecamatan Somba Opu, Kabupaten Gowa. Sulawesi Selatan.

Olehnya itu, ia berharap uluran tangan Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Gowa untuk mendapatkan tempat tinggal yang layak huni buatnya.

Ironisnya, kediaman Hamid Daeng ini hanya berukuran 3×3 meter persegi itu hanya terbuat dari seng bekas dan kayu yang di rangkai untuk dapat di huni.

Hamid hanyalah sebatang kara, meski memiliki seorang putra bernama Azis, namun anaknya tersebut telah pergi meninggalkan dirinya. Dirumah itu Hamid melakukan aktivitasnya sehari-hari, selain itu juga ketika sang penulis melihat kondisi dalaman rumah Hamid Dg Bali air mata pun jatuh, isi rumahnya itu hanya beralaskan tanah dan batu merah.

Saat ditanya, Hamid bisa mengatakan, dirinya telah bertempat tinggal sejak 10 tahun terakhir. Bahkan dirinya juga berharap Pemda Gowa agar lebih memperhatikan warganya.

“Saya sudah tinggal disini sudah 10 tahun lamanya. Pemerintah Gowa belum juga saya diperhatikan. Disinilah tempat saya tidur,” ucapnya, Selasa (20/12/2016).

Bukan hanya itu saja, kakek yang masih giat bekerja keras ini tak memiliki pekerjaan tetap, makan pun dirinya mendapatkan belas kasihan dari sang tetang yang tak jauh dari Rumah Sakit Syekh Yusuf Gowa.

Bahkan ia juga kerap berpindah-pindah tempat tinggal, warga Gowa ini juga perna menetap disebuah kuburan sebelum lahan itu dibanguni sebuah rumah.(**)