Kakek Ini Simpan Misteri Kehidupan Presiden Ketiga RI BJ Habibie

26 Februari 2017 14:30
Wa Lampu, memperlihakan buku sakti.

SIDRAP, INIKATA.com – Wa Lampu (80), tampak sekilas kakek ini hanyalah orang biasa, namun siapa sangka, kakek ini ternyata menyimpan misteri kehidupan tentang Presiden RI ke-3, Baharuddin Jusuf Habibie yang akrab disapa pak Habibie.

Inikata.com yang menemui langsung kakek tersebut di kediaman pribadinya, di salah satu lokasi terpencil di Sidrap, Sabtu (25/2/2017), kakek tersebut mempunyai hasrat yang tinggi untuk bertemu Habibie.

“Bagaimana caranya dan diusahakan agar saya bisa ketemu dengan Pak Habibie sebelum saya meninggal dunia, karena ada rahasia yang perlu dia tahu dari saya,” tutur Wa Lampu.

Sebagai bukti petunjuk tentang riwayat kehidupan pak Habibie, dia menunjukkan sebuah buku yang telah usang, kakek itu menyebut jika tulisan yang ada di dalam buku itu menceritakan kisah hidup yang sebenarnya tentang Habibie.

“Buku ini adalah bukti sejarah siapa sebenarnya Pak Habibie, makanya Pak Habibie perlu tahu semuanya sebelum saya meninggal, atau sebaliknya,”pinta Wa Lampu

Buku yang ditulis dalam huruf bahasa daerah (Bugis) itu yang tersimpan rapi didalam peti kayu, enggan dibeberkan isinya sedikitpun oleh Wa Lampu, dengan alasan, buku ini harus dibuka sendiri oleh pak Habibie sesuai amanah yang dititipkan oleh kakeknya pada saat menerima buku itu 66 tahun silam.

“Napasengnga neneku riolo makkada, iyapa mubukkai ise’na, kosiruntukko alena Habibie. Pitupi addituang nappa mupau. Artinya, ada pesan kakeknya dulu, nanti dibuka isinya apabila sudah bertemu Habibie. Tujuh kerajaan (Presiden) baru diungkap,” tutur Wa Lampu dalam bahasa bugis.

Buku “sakti” itu disimpan rapi Wa Lampu sejak 1960-an silam. Kini kondisi buku itu sudah sangat usang, beberapa bagian buku yang dilapisi kain berwarna hitam itu bahkan sudah ada yang hilang akibat termakan usia. (**)